Sabtu, 05 Januari 2013

Apa sih MULTIMEDIA itu?


Istilah Multimedia memang akrab di telinga kita. Sebagai pengguna Teknologi tentu kita paham secara garis besar apa yang dimaksud dengan multimedia dan apa kaitannya dengan teknologi. Tapi apa kalian tahu bagaimana kerja multimedia. Bagaimana hubungan antara multimedia dan kaitannya dengan mekanisme teknologi. Pada artikel ini akan dibahas secara garis besar apa itu multimedia.


Istilah Multimedia luas sekali penggunaannya di kehidupan saat ini. Mulai dari film DVD, video klip di laptop, streaming video di youtube semua adalah multimedia. Bahkan bukan hanya terbatas pada visual atau audio, namun juga kombinasi keduanya. Tekbologi Multimedia kini telah berkembang pesat, dari sebuah DVD Player kini telah menjadi sebuah Smartphone dengan ukuran lebih kecil namun fungsionalitas lebih besar.

Pada artikel-artikel selanjutnya akan dibahas lebih dalam tentang cara kerja multimedia di dalam sebuah sistem komputer. Perlu diingat bahwa multimedia bersifat continous/berkelanjutan. Tidak seperti gambar dan teks, multimedia sangat tergantung pada waktu. Bayangkan jika kita memainkan sebuah video dengan  resolusi tinggi di sebuah device spesifikasi rendah. Bagaimana tidak nyamannya memainkan video yang tersendat-sendat, gerakan dan suara yang tidak seirama sangat mengganggu.Karena sifatnya yang continous ada sedikit perbedaan perlakuan file multimedia di dalam sebuah sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar